Rabu, 14 Januari 2015

bagin-bagian kapal



KUNSTRUKSI BAGIAN DAPAN
Konstrusi bagian ujung depan kapal (Haluan)adalah: Konstruksi yang meliputi bagian ujung depan kapal sampai dengan sekat tubrukan.
Bagian depan kapal dirancang untuk memisahkan air dengan baik.dan aliran ini diusahakan supaya streamline sepanjang kapal,sehingga tahanan gelombang kapal dapat di kurangi sampai sedemikian kecilnya.
BAGIAN DEPAN KONSTRUKSI KAPAL
Linggi haluan(stern)merupakan bagian terdepan kapal.linggi ini menerus ke bawah sampai ke lunas.pada saat ini yang lajim di kapalada dua macam yaitu.linggi batang dan linggi pelat.kadang-kadang dipakai juga gabungan kedua linggi ini .Adapun susunan kunstruksi gabungan kedua linggi ini adalahsebagai berikut.sebuah linggi batang dari lunas sebagai berikut.Sebuah linggi batang dari lunas sampai kegaris airmuat dan disambung linggi pelat sampai ke geladak .Penggunaan linggi pelat memungkinkan pembentukan suatu garis haluan yang bagus.Hal ini akan memperindah pemampialn linggi haluan(stern) kapl. Selain juga untuk memperluas geladak akan mempermudahkan perbaikan linggi tersebut,apa bila suatu saat kapal menubruk sesuatupelat sisi dapat di perlebar sampai seluas geladak.sehingga memungkinkan bagian ujung depan kapal menahan henpasan air laut dan menahan supaya percikannyatidak sampai kepermuaan geladak
Pada kapal-kapal yang mempunyai cukup besar di bagian bawah garis air muatdepan di pasang haluan bola.haluan bola ini berbentuk gelambung seperti bola dan berguna untuk mengurangi tahanan gelnbang kapal.
DI geladak bagian dapan biasanya di tempatkan mesin janggar(Windlast)linggiKedua alat ini berguna untuk menarik atau untuk menggangkat janggkar (anchor)dan mengeluarkan tali pada saat akan berlabuh,sedangkan di bawah akil di pasang bak rantai untuk penempatan rantai janggar.

         
       


MESIN DEREK JANGGAR (WINDLASS)

Windlass merupakan unit mesin yang berada dihaluan kapal,untuk menurunkan dan menaikan jangkar sewaktu berlabuh di luar pelabuhan .Untuk memenuhi persyaratan derek janggkar setiap pabrik mempunyaibentuk sendiri-sendiridalam pelaksanaanya
Bagian-bagian utama dari mesin derek janggkar(windlass) terdiri dari:
1.Mesin/motor yang dipegerakan oleh diesel/electric
2.Spil/wildcat merupakan gulungan/theromol yang dapat menyangkutkan rantai janggar pada saat melewatinya.
3.Kopling atau peralatan tangdapat melepaskan atau menghubungkan spil pada mesin.
4.Band rem untuk mengendalikan spil apa bila tidak di hubungkan dengan mesin.
5.Roda-roda gigi ,dihubungkan dengan poros.
6.Tromol/gypsis,untuk melayani tros kapal dipasang pada ujung-ujung dan poros utama.


JANGKAR (ANCHOR)

                Janggkar(Anchor) adalah peralatan tambat kapal yang berfungsi untuk membatasi gerak kapal pada waktu labuh di pelabuhan, agar kapal tetap pada kedudukannya,meskipun mendapat tekanan oleh arus laut,angin,gelombang dan sebagainya.
                Kapal-kapal niaga pelayaran besar pada umumnya di lengkapi dengan jangkar-jangkar seperti berikut:
a)      3(tiga)buah jangkar haluan (satu tidak di pergunakan,hanya sebagai cadangan)
b)      Sebuah jangkar arus
c)       Sebuah jangkar cermat
Jangkar Haluan : Adalah jangkar utama yang di gunakan untuk menahan kapak di dasar laut dan selalu siap terpasang pada lambung kiri dan kanan haluan kapal,jangkar haluan cadangan merupakan jangkar yang selalu siap sebagai pengganti apabilasalah satu hilang,jangkar haluan cadangan ini ditempatkan di bagian muka dekat haluan,agar selalu siap bila mana diperlukan.
Jangkar Arus : jangkar ini ukurannya lebih kecil kira-kira 1/3 berat jangkar haluan
Tempatnya dibagian buritan kapal di gunakan seperti halnya jangkar haluan yaitu menahan buritan kapal,supaya tidak berputar terbawa arus.
Pada kapal-kapal pemumpang yang berukuran besar ,kadang-kadang jangkar ini ditempatkan di geladak ortop(geladak pendek yang terletak di bawah geladak menerus)apa bila demikian halnya maka jangkar tersebut dinamakan jngkar buritan dan beratnya sama dengan jangkar haluan.
Oleh karena itu bila ada jangkar buritan,makatidak perlu ada jangkar cadangan.
Jangkar Cermat : jangkar ini ukurannya lebih kecil,beratnya 1/6 kali jangkar haluan.Gunanya untuk memindahkan jangkar haluan apabila kapal kandas (diangkt dengan sekoci).



BAK PENYIMPANAN RANTAI JANGKAR (CHAIN LOCKER) & MUD BOX
                Umumnya pada kapal-kapal pengangkut letak chain locker ini adalah di depan collison bulkhead dan di atasporepeak tank.
Sebelum chain lockerdi letakan di depan ruang muat.hal ini tidakpraktis karena mengurangi volume ruang muat.
Pada kapal-kapal penumpang apa bila deep tang terletek dibelakang, maka chain locker biasanya di letakkan di atasnya.
Ditinjau dari bentuknya chain locker terbagi atas 2(dua) bagian:
1.Berbentuk segi empat
2.Berbuntuk silindar

Pada garis besarnya konstruksi bak penyimpan rantai jangkar terdiri dari dua bagian.Yaitu bagian atas untuk menyimpan rantai jangkar,dan bagian bawahuntuk menampung lumpur atau kotoran yng terbawa dalam rantai jangkar,sering di sebut sebagai Mud box

 

RANTAI JANGKAR (ANCHOR CHAIN)

Rantai terdiri dari potongan-potongan antara satu segel (shackle) dengan segel lainnya yang berupaptongan panjang masing-masing 15 fathoms (depa).Oleh Lioyd’s Register ditentukan dahwa satu segel panjangnya 15 fathoms =27,45 atau 25 m.
Mata rantai merupakan bagian darirantai jangkar yang berbentuk lonjong.mata-mata rantai itu ditngah-tangah diberi’’dam’’ kecualimata rantai yang beradapada ujung –ujung dari setiap panjang 15fethoms sebelah kiri dan kanan darisegel(shacle).
Dam-dam tersebut gunanya untuk menjaga agar rantai tidak berputar.Mata rantai yang tidak memakai dam ukurannya lebih besarbandingkan mata rantai biasa.
TABUNG JANGKAR (HAWSE PIPE)

Tabung jangkar Adalah pipa rantai jangkar yang menghubungkan rumah jangkar ke geladak.Diameter dalam hawse pipe tergantung dari diameter rantai jangkar sendiri, sehingga rantai jangkar dapat keluar masuk tampa suatu halangan,Diameter hawse pipedi bagian bawahnya di buat lebih besar (antara 3-4 cm) di banding dengan atasnya.Umumnya dapat dipakai sebagai pedoman bahwa untuk diameter rantai jangkar d-25 m/m – 100 m/m;besarnya qQ dalam howse pipe di berikan pada grafik sebagai berikut dangan bermacam-macam material.

                 
CHAIN STOPPER
Stopper Chain anchor Pada umumnya di pasang antara mesin jangkar dangan hawse pipe yang berguna menahan tarikan rantai dan jangkar saat kapal sedang berlabuh.
               


FORE PEAK

Foere peak adalah ruangan yang telatak antara sekat tubrukan dangan linggi haluan (stern) yang biasanya di gunakan untuk tangki ballast.Selain itu dapat kita lihat pula Bulbous Bow.

    

LINGGI HALUAN

Linggi haluan merupakan tempat untuk menempelkanpelat kulit dan juga penguat utama di bagian ujung kapal .separti telah di terangkan di atas linggi batang di pasang dari lunas sampai garis air muat dan ke atas di lanjutkan dengan konstruksi linggi pelat.linggi batang dipasang dari lunas sampai garis air muat dan ketas di lanjutkan degan konstruksi linggi pelat.



SEKAT TUBRUKAN

Pemasngan sekat tubrukan pada sutu kapal sangat di butuhkan karena sekat ini untuk nenghidari mengalirnya air keruangan yang ada di belakangnya  apa bila terjadi kebocoran di ceruk haluan akibat tubrukan sesuatu dan dangan rusaknya ceruk haluan kapal akibat menubruk sesuatudan dengan rusaknya ceruk haluan kapal masih selamat, tidak tenggelam
Pemasangan sekat tubrukan menurut BKI 2004,dapat di perhatikan pada teks sebagai berikut.
Sekat tubrukan harus kedap air sampai geladak lambung timbul.


CERUK HALUAN

Konstruksi pada ceruk haluan harus cukup kuat.Pada daerah ceruk inilah yang pertama-tama mendapat hempasan gelombang.Hal ini di sebapkan letak ceruk ini di bagian depan kapal.Karena tidak ada momen lengkung yang bekerja pada arah memanjang di daerah ini,pelat atas,pelat sisi dan pelat geladak tidak perlu tebal di bandingkan bagian tangah kapal.
                      



KONSTRSI BAGIAN TANGAH KAPAL

Konstruksi bagian tangah kapal terdiri dari Konstruksi Alas (dasar),lunas Kapal,Pelat atas,Konstruksi Dasar Tunggal,Konstruksi Dasar Ganda Konstruksi Lambung,Konstruksi geladak,Konstruksi Lubang Palkah Dan Penutupnya,serta konstruksi Sekat ( bulkhead).
                  
           
       
KONSTRUKSI DASAR BERGANDA
                Daerad yang di sebut dasar berganda meliputi pelat atas,pelat atas dalam,pelat bilga,dan pelat tepi sebgai kekedapannya.Pelat tepi yang di buat atau penerusan  pelat alas dalam sampai bilga harus dipsang sumur-sumur atau pengumpul air untuk menggantikan pemasangan permukaan pelat tepi yang dibuat miring.seperti di ketahui,pelat tepi yang miring di gunakan untuk mengumpulkan air kotor.sesui dengan ketentuan BKI 2004,tebal pelat tepi 20% lebih tebal dari pelat  alas dalam.Ketentuan lainnya dapat di perhatikan dalam teks berikut.Susunan konstruksi dasar ganda di buat dari wrang kedap,wrang alas penuh,dan wrang terbuka.Dri penumpu tengah,wrang di buat menerus sampaike pelat tepi.Wrang di buat sebagai penyangga pelat alas dalam.Aturan baru yang dikhususksn untuk kapal tanker adalah kewajiban menggunakan kulit ganda (double hull) utuk mengurangi peluang pencemaran lingkungan kerena kebocoran yang munggin terjadi.Kebocoran kapal tanker dapat mengakibatkanterganggunya lingkungan.Khususnya terhadap biota laut dan hewan yang hidup di lingkungan laut dan garis pantai.

 










KONSTRUKSI LAMBUNG

Sistem konstruksi lambung sebagai kerangka lambung kapal pada pokoknya terdiri atas dua siatem yaitu sistem kerangka gading melintang dan siatem kerangka gading memanjang
     

 

KONSTRUKSI GELADAK

Secara umum konstruksi geladak adalah suatau bentuk permukaan dasar tau hampir mendatar yang menutupi sisi atas atau ruangan-ruangan di kapal.Dilihat dari segi konstruksi,geladak adalah kumpulan komponen-komponen konstruksi mendatar yang terdiri atas balk geladak,membujur geladak,pemumpu geladak dan pelat geladak yang di batasi oleh lambung disekelilingnya.
Fungsi geladak adalah untuk :
Menjaga kekedapan kapal.
Menempatkan dan melindungi barang atau kargo.
Tempat anak buah kapal dan penumpang.
Menambah kekuatan memanjang dan melintang.
    

KONSTRUKSI SEKAT (BULKHEAD)

Pemasangan sekat melintang dapat dijumpai pada semua tipe kapal dan menjadi persyaratan biro klasifikasi,sedangkan untuk memanjang umumnya hanya di jumpai pada kapal-kapal tertentu saja.Misalnya kapal pengangkut muatan cair,dan kapal penangkut muatan curah.
Sekat-sekat pada bangunan kapal ditinjau dari fungsinya dapat di golangkan menjadi beberapa golongan,yaitu sekat kedap air (tidak tembus air),sekat kedap minyak (tidak tembus minyak) sekat biasanya yang hanya di gunakan untuk membagi ruang bagi keperluan akomondasi,dan sekat berlubang untuk mengatasi permukaan bebas zat cair.Dari ke empat jenis tersebut,sekat sekat air merupakan jenis sekat yang paling penting,kalau ada kapal yang bermuatan minyak,sekat kedap minyak yang memegang peranan utama,sekat kedap air merupakan tiga fungsi utama,yaitu membagi badan kapal menjadi ruangan – ruangan yang kedap air,menambh kekuatan melintang kapal.dan mencegah menjalarnya api saat terjadinya kebakaran.

    










ENAM RUANG CARGO

Cargo room ( ruang cargo) adalah ruangan yang berfungsi untuk menyimpan muatan yang akan dibawa kapal.Yang di lengkapi dengan hatch kover atau tutup palka yang merupakan alat yang di gunalan untuk penutup ruang cargo/palka pada kapal.
Pada jenis kapal general cargo ini terdapat tiga ruang cargo,yang masaing-msing diperuntukan untuk memuat muatan curah yangsudah di kemas (packaging)
Diasanya diatas main deckyang tepatnya di ujung kubang palka terpasang alat untuk bomhkar muat kapal,disini kapal crgo yang memuat muatan umum seperti di jelaskan diawal alat bongkar muat menggunakan crane.

           

KONSTRUKSI BAGIAN BELAKANG

Konstruksi bagian belakang kapal terdiri dari linggi buritan,sekat ceruk buritan (after peak)







RUANG ANJUNGAN (WHEEL HOUSE)

Ruang anjungan (wheel house) adalah ruang komando kapal dimana ditempatkan roda kemudi kapal,peralatan navigasi untuk menentukan posisi kapal berada dan biasanya terdapat kamar nakhoda dan kamar radio.Anjungan biasanya ditempatkan pada posisi yang mempunyai jarak pandang yang dbik ke segala arah.
Didalam ruang anjungan dapat kita jumpai panel-panel Navigasi dan panel Seering Comand/Captain.


              














KONNSTRUKSI BAGIAN ATAS & RUMAH GELADAK

Pada geladak yang menerus dan teratas,terdapat bangunan-bangunan yang di peruntukan sebagai ruangan navigasi,ruang akomondasi,gudang-gudang untuk penampatan peralatan dan ruang ain untuk melayani kapal-kapal selama berlayar atau berlabuh.
Bila ditinjau dari segi konstruksi,bangunan – bangunan ini dapat dibedakan menjadi bangunan atas yang efektif dan bangunan atas yang tidak efektif.
Bangunan atas yang efektif adalah semua bangunan atas yang terletak di atas geladak menerus teratas,membentang sampai dearah 0,4 L bagian tangah kapal,dan panjangnya melabihi 0,15 L Dalam Kaitan ini ,pelat kulit lambung harus di teruskan sampai ke geladak bangunan atas, sengingga pelat sisi bangunan atas ini dapat diperlakukan sebagai pelat kulit dengan geladak sebagai geladak kekuatan.

                

BANGUNAN ATAS BAGIAN BELAKANG (TOP DECK)

Top deck adalah Ruangan terbuka di bagian paling atas geladak kapal.Ditop deck ini dapat di jumpai Mast head top deck dan peralatan-peralatan navigasi maupun nevigasi kapal,yaitu radar dan antena.



             


BANGUNAN ATAS BAGIAN DEPAN (FORE CASTLE)

Bangunan atas yang terletak dibagian depan di sebut akil.Peletakan akil terdiri dari :Geladak akil,Geladak utama,akil,bak Rantai,ceruk  Haluan,dan Ruang Muat.
Akil juga penerusan ke atas dari pelat kulit peda bagian depan kapal.Dengan adanya bangunan atas tersebut akan mengurangi masuknya air laut pada saat kapal bergerak maju.
Ruangan pada akil digunakan untuk pergudangan,terutama untuk fasilitas peralatan pelayaran seperti tali temali .Peraltan pada geladak akil terdri dari mesin jangkar,Bolder,Ventilasi,Fair led,Ggeladak Utama,Jangkar,Pagar pada geladak utama,Pagar pada geladak akil,geladak akil dan penahan Rantai.
FORECASLE Deck merupakan penyimpanan peralatan labuh jangkar atu groun tackle seperti :Windlast,Ground stocker,dll.Pada kapal ini pula dapat kita temui adanya Must Hide beserta peralatan komunikasi lainnya seperti antena.

 

RUMAH GELADAK

Rumah geladak adalah bangunan diatas geladak kekuatan yang diletakan diluar 0,4 L bagain tengah kapal atau yang mempunyai panjang lebih kecil dari 0,2 L atau 15 m dan sisi-sisinya tidak selebar kapal.Pada umumnya rumah geladak diletakan diatas bangunan atas,baik didepan atau di tengah kapal.Susunan rumah geladak terdiri dari geladak utama ,rumah galadak,ruang kemudi dan cerobong asap.
Rumah geldak yang teratas dipakai untuk ruang kemudi,Ruang peta dan ruang komunikasi Radio.Selama pelayaran,kapal di kendalikan dari ruangan ini.Daitas geladak kimbul (POOP) diletakan rumah geladak yang sesuai dangan kebutuhan.

                  

RUANG ANJUNGAN

Ruang anjungan (Wheel House) Adalah ruang komando kapal dimana ditempatkan rodo kemudi kapal,peralatan navigasi untuk menentukan posisi kapal berada dan biasanya terdapat kamar nakhoda dan kamar radio.Anjungan biasanya ditempatkan pada posisi yang mempunyai jarak pandang yang baik kesegala arah.Di dalam Ruang Anjungan dapat kita jumpai panel-panel navigasi dan panel seering comand/captain.

            

BRIDGE DECK

Geladak yang menutup sisi atas dari bangunan anjungan.ruang di bawah navigasi deck yang biasanya terdapat ruang akomondasi untuk master kapal.Pada kebanyakan kapal,ruang master kapal pada bagian starboard (bagian kanan kapal)dan di bagian port (kiri kapal) adalah kepala kamar mesin dan ruang pertemuan.
                 


KUNSTRUKSI BAGIAN DAPAN
Konstrusi bagian ujung depan kapal (Haluan)adalah: Konstruksi yang meliputi bagian ujung depan kapal sampai dengan sekat tubrukan.
Bagian depan kapal dirancang untuk memisahkan air dengan baik.dan aliran ini diusahakan supaya streamline sepanjang kapal,sehingga tahanan gelombang kapal dapat di kurangi sampai sedemikian kecilnya.
BAGIAN DEPAN KONSTRUKSI KAPAL
Linggi haluan(stern)merupakan bagian terdepan kapal.linggi ini menerus ke bawah sampai ke lunas.pada saat ini yang lajim di kapalada dua macam yaitu.linggi batang dan linggi pelat.kadang-kadang dipakai juga gabungan kedua linggi ini .Adapun susunan kunstruksi gabungan kedua linggi ini adalahsebagai berikut.sebuah linggi batang dari lunas sebagai berikut.Sebuah linggi batang dari lunas sampai kegaris airmuat dan disambung linggi pelat sampai ke geladak .Penggunaan linggi pelat memungkinkan pembentukan suatu garis haluan yang bagus.Hal ini akan memperindah pemampialn linggi haluan(stern) kapl. Selain juga untuk memperluas geladak akan mempermudahkan perbaikan linggi tersebut,apa bila suatu saat kapal menubruk sesuatupelat sisi dapat di perlebar sampai seluas geladak.sehingga memungkinkan bagian ujung depan kapal menahan henpasan air laut dan menahan supaya percikannyatidak sampai kepermuaan geladak
Pada kapal-kapal yang mempunyai cukup besar di bagian bawah garis air muatdepan di pasang haluan bola.haluan bola ini berbentuk gelambung seperti bola dan berguna untuk mengurangi tahanan gelnbang kapal.
DI geladak bagian dapan biasanya di tempatkan mesin janggar(Windlast)linggiKedua alat ini berguna untuk menarik atau untuk menggangkat janggkar (anchor)dan mengeluarkan tali pada saat akan berlabuh,sedangkan di bawah akil di pasang bak rantai untuk penempatan rantai janggar.

         
       


MESIN DEREK JANGGAR (WINDLASS)

Windlass merupakan unit mesin yang berada dihaluan kapal,untuk menurunkan dan menaikan jangkar sewaktu berlabuh di luar pelabuhan .Untuk memenuhi persyaratan derek janggkar setiap pabrik mempunyaibentuk sendiri-sendiridalam pelaksanaanya
Bagian-bagian utama dari mesin derek janggkar(windlass) terdiri dari:
1.Mesin/motor yang dipegerakan oleh diesel/electric
2.Spil/wildcat merupakan gulungan/theromol yang dapat menyangkutkan rantai janggar pada saat melewatinya.
3.Kopling atau peralatan tangdapat melepaskan atau menghubungkan spil pada mesin.
4.Band rem untuk mengendalikan spil apa bila tidak di hubungkan dengan mesin.
5.Roda-roda gigi ,dihubungkan dengan poros.
6.Tromol/gypsis,untuk melayani tros kapal dipasang pada ujung-ujung dan poros utama.


JANGKAR (ANCHOR)

                Janggkar(Anchor) adalah peralatan tambat kapal yang berfungsi untuk membatasi gerak kapal pada waktu labuh di pelabuhan, agar kapal tetap pada kedudukannya,meskipun mendapat tekanan oleh arus laut,angin,gelombang dan sebagainya.
                Kapal-kapal niaga pelayaran besar pada umumnya di lengkapi dengan jangkar-jangkar seperti berikut:
a)      3(tiga)buah jangkar haluan (satu tidak di pergunakan,hanya sebagai cadangan)
b)      Sebuah jangkar arus
c)       Sebuah jangkar cermat
Jangkar Haluan : Adalah jangkar utama yang di gunakan untuk menahan kapak di dasar laut dan selalu siap terpasang pada lambung kiri dan kanan haluan kapal,jangkar haluan cadangan merupakan jangkar yang selalu siap sebagai pengganti apabilasalah satu hilang,jangkar haluan cadangan ini ditempatkan di bagian muka dekat haluan,agar selalu siap bila mana diperlukan.
Jangkar Arus : jangkar ini ukurannya lebih kecil kira-kira 1/3 berat jangkar haluan
Tempatnya dibagian buritan kapal di gunakan seperti halnya jangkar haluan yaitu menahan buritan kapal,supaya tidak berputar terbawa arus.
Pada kapal-kapal pemumpang yang berukuran besar ,kadang-kadang jangkar ini ditempatkan di geladak ortop(geladak pendek yang terletak di bawah geladak menerus)apa bila demikian halnya maka jangkar tersebut dinamakan jngkar buritan dan beratnya sama dengan jangkar haluan.
Oleh karena itu bila ada jangkar buritan,makatidak perlu ada jangkar cadangan.
Jangkar Cermat : jangkar ini ukurannya lebih kecil,beratnya 1/6 kali jangkar haluan.Gunanya untuk memindahkan jangkar haluan apabila kapal kandas (diangkt dengan sekoci).



BAK PENYIMPANAN RANTAI JANGKAR (CHAIN LOCKER) & MUD BOX
                Umumnya pada kapal-kapal pengangkut letak chain locker ini adalah di depan collison bulkhead dan di atasporepeak tank.
Sebelum chain lockerdi letakan di depan ruang muat.hal ini tidakpraktis karena mengurangi volume ruang muat.
Pada kapal-kapal penumpang apa bila deep tang terletek dibelakang, maka chain locker biasanya di letakkan di atasnya.
Ditinjau dari bentuknya chain locker terbagi atas 2(dua) bagian:
1.Berbentuk segi empat
2.Berbuntuk silindar

Pada garis besarnya konstruksi bak penyimpan rantai jangkar terdiri dari dua bagian.Yaitu bagian atas untuk menyimpan rantai jangkar,dan bagian bawahuntuk menampung lumpur atau kotoran yng terbawa dalam rantai jangkar,sering di sebut sebagai Mud box

 

RANTAI JANGKAR (ANCHOR CHAIN)

Rantai terdiri dari potongan-potongan antara satu segel (shackle) dengan segel lainnya yang berupaptongan panjang masing-masing 15 fathoms (depa).Oleh Lioyd’s Register ditentukan dahwa satu segel panjangnya 15 fathoms =27,45 atau 25 m.
Mata rantai merupakan bagian darirantai jangkar yang berbentuk lonjong.mata-mata rantai itu ditngah-tangah diberi’’dam’’ kecualimata rantai yang beradapada ujung –ujung dari setiap panjang 15fethoms sebelah kiri dan kanan darisegel(shacle).
Dam-dam tersebut gunanya untuk menjaga agar rantai tidak berputar.Mata rantai yang tidak memakai dam ukurannya lebih besarbandingkan mata rantai biasa.
TABUNG JANGKAR (HAWSE PIPE)

Tabung jangkar Adalah pipa rantai jangkar yang menghubungkan rumah jangkar ke geladak.Diameter dalam hawse pipe tergantung dari diameter rantai jangkar sendiri, sehingga rantai jangkar dapat keluar masuk tampa suatu halangan,Diameter hawse pipedi bagian bawahnya di buat lebih besar (antara 3-4 cm) di banding dengan atasnya.Umumnya dapat dipakai sebagai pedoman bahwa untuk diameter rantai jangkar d-25 m/m – 100 m/m;besarnya qQ dalam howse pipe di berikan pada grafik sebagai berikut dangan bermacam-macam material.

                 
CHAIN STOPPER
Stopper Chain anchor Pada umumnya di pasang antara mesin jangkar dangan hawse pipe yang berguna menahan tarikan rantai dan jangkar saat kapal sedang berlabuh.
               


FORE PEAK

Foere peak adalah ruangan yang telatak antara sekat tubrukan dangan linggi haluan (stern) yang biasanya di gunakan untuk tangki ballast.Selain itu dapat kita lihat pula Bulbous Bow.

    

LINGGI HALUAN

Linggi haluan merupakan tempat untuk menempelkanpelat kulit dan juga penguat utama di bagian ujung kapal .separti telah di terangkan di atas linggi batang di pasang dari lunas sampai garis air muat dan ke atas di lanjutkan dengan konstruksi linggi pelat.linggi batang dipasang dari lunas sampai garis air muat dan ketas di lanjutkan degan konstruksi linggi pelat.



SEKAT TUBRUKAN

Pemasngan sekat tubrukan pada sutu kapal sangat di butuhkan karena sekat ini untuk nenghidari mengalirnya air keruangan yang ada di belakangnya  apa bila terjadi kebocoran di ceruk haluan akibat tubrukan sesuatu dan dangan rusaknya ceruk haluan kapal akibat menubruk sesuatudan dengan rusaknya ceruk haluan kapal masih selamat, tidak tenggelam
Pemasangan sekat tubrukan menurut BKI 2004,dapat di perhatikan pada teks sebagai berikut.
Sekat tubrukan harus kedap air sampai geladak lambung timbul.


CERUK HALUAN

Konstruksi pada ceruk haluan harus cukup kuat.Pada daerah ceruk inilah yang pertama-tama mendapat hempasan gelombang.Hal ini di sebapkan letak ceruk ini di bagian depan kapal.Karena tidak ada momen lengkung yang bekerja pada arah memanjang di daerah ini,pelat atas,pelat sisi dan pelat geladak tidak perlu tebal di bandingkan bagian tangah kapal.
                      



KONSTRSI BAGIAN TANGAH KAPAL

Konstruksi bagian tangah kapal terdiri dari Konstruksi Alas (dasar),lunas Kapal,Pelat atas,Konstruksi Dasar Tunggal,Konstruksi Dasar Ganda Konstruksi Lambung,Konstruksi geladak,Konstruksi Lubang Palkah Dan Penutupnya,serta konstruksi Sekat ( bulkhead).
                  
           
       
KONSTRUKSI DASAR BERGANDA
                Daerad yang di sebut dasar berganda meliputi pelat atas,pelat atas dalam,pelat bilga,dan pelat tepi sebgai kekedapannya.Pelat tepi yang di buat atau penerusan  pelat alas dalam sampai bilga harus dipsang sumur-sumur atau pengumpul air untuk menggantikan pemasangan permukaan pelat tepi yang dibuat miring.seperti di ketahui,pelat tepi yang miring di gunakan untuk mengumpulkan air kotor.sesui dengan ketentuan BKI 2004,tebal pelat tepi 20% lebih tebal dari pelat  alas dalam.Ketentuan lainnya dapat di perhatikan dalam teks berikut.Susunan konstruksi dasar ganda di buat dari wrang kedap,wrang alas penuh,dan wrang terbuka.Dri penumpu tengah,wrang di buat menerus sampaike pelat tepi.Wrang di buat sebagai penyangga pelat alas dalam.Aturan baru yang dikhususksn untuk kapal tanker adalah kewajiban menggunakan kulit ganda (double hull) utuk mengurangi peluang pencemaran lingkungan kerena kebocoran yang munggin terjadi.Kebocoran kapal tanker dapat mengakibatkanterganggunya lingkungan.Khususnya terhadap biota laut dan hewan yang hidup di lingkungan laut dan garis pantai.

 










KONSTRUKSI LAMBUNG

Sistem konstruksi lambung sebagai kerangka lambung kapal pada pokoknya terdiri atas dua siatem yaitu sistem kerangka gading melintang dan siatem kerangka gading memanjang
     

 

KONSTRUKSI GELADAK

Secara umum konstruksi geladak adalah suatau bentuk permukaan dasar tau hampir mendatar yang menutupi sisi atas atau ruangan-ruangan di kapal.Dilihat dari segi konstruksi,geladak adalah kumpulan komponen-komponen konstruksi mendatar yang terdiri atas balk geladak,membujur geladak,pemumpu geladak dan pelat geladak yang di batasi oleh lambung disekelilingnya.
Fungsi geladak adalah untuk :
Menjaga kekedapan kapal.
Menempatkan dan melindungi barang atau kargo.
Tempat anak buah kapal dan penumpang.
Menambah kekuatan memanjang dan melintang.
    

KONSTRUKSI SEKAT (BULKHEAD)

Pemasangan sekat melintang dapat dijumpai pada semua tipe kapal dan menjadi persyaratan biro klasifikasi,sedangkan untuk memanjang umumnya hanya di jumpai pada kapal-kapal tertentu saja.Misalnya kapal pengangkut muatan cair,dan kapal penangkut muatan curah.
Sekat-sekat pada bangunan kapal ditinjau dari fungsinya dapat di golangkan menjadi beberapa golongan,yaitu sekat kedap air (tidak tembus air),sekat kedap minyak (tidak tembus minyak) sekat biasanya yang hanya di gunakan untuk membagi ruang bagi keperluan akomondasi,dan sekat berlubang untuk mengatasi permukaan bebas zat cair.Dari ke empat jenis tersebut,sekat sekat air merupakan jenis sekat yang paling penting,kalau ada kapal yang bermuatan minyak,sekat kedap minyak yang memegang peranan utama,sekat kedap air merupakan tiga fungsi utama,yaitu membagi badan kapal menjadi ruangan – ruangan yang kedap air,menambh kekuatan melintang kapal.dan mencegah menjalarnya api saat terjadinya kebakaran.

    










ENAM RUANG CARGO

Cargo room ( ruang cargo) adalah ruangan yang berfungsi untuk menyimpan muatan yang akan dibawa kapal.Yang di lengkapi dengan hatch kover atau tutup palka yang merupakan alat yang di gunalan untuk penutup ruang cargo/palka pada kapal.
Pada jenis kapal general cargo ini terdapat tiga ruang cargo,yang masaing-msing diperuntukan untuk memuat muatan curah yangsudah di kemas (packaging)
Diasanya diatas main deckyang tepatnya di ujung kubang palka terpasang alat untuk bomhkar muat kapal,disini kapal crgo yang memuat muatan umum seperti di jelaskan diawal alat bongkar muat menggunakan crane.

           

KONSTRUKSI BAGIAN BELAKANG

Konstruksi bagian belakang kapal terdiri dari linggi buritan,sekat ceruk buritan (after peak)







RUANG ANJUNGAN (WHEEL HOUSE)

Ruang anjungan (wheel house) adalah ruang komando kapal dimana ditempatkan roda kemudi kapal,peralatan navigasi untuk menentukan posisi kapal berada dan biasanya terdapat kamar nakhoda dan kamar radio.Anjungan biasanya ditempatkan pada posisi yang mempunyai jarak pandang yang dbik ke segala arah.
Didalam ruang anjungan dapat kita jumpai panel-panel Navigasi dan panel Seering Comand/Captain.


              














KONNSTRUKSI BAGIAN ATAS & RUMAH GELADAK

Pada geladak yang menerus dan teratas,terdapat bangunan-bangunan yang di peruntukan sebagai ruangan navigasi,ruang akomondasi,gudang-gudang untuk penampatan peralatan dan ruang ain untuk melayani kapal-kapal selama berlayar atau berlabuh.
Bila ditinjau dari segi konstruksi,bangunan – bangunan ini dapat dibedakan menjadi bangunan atas yang efektif dan bangunan atas yang tidak efektif.
Bangunan atas yang efektif adalah semua bangunan atas yang terletak di atas geladak menerus teratas,membentang sampai dearah 0,4 L bagian tangah kapal,dan panjangnya melabihi 0,15 L Dalam Kaitan ini ,pelat kulit lambung harus di teruskan sampai ke geladak bangunan atas, sengingga pelat sisi bangunan atas ini dapat diperlakukan sebagai pelat kulit dengan geladak sebagai geladak kekuatan.

                

BANGUNAN ATAS BAGIAN BELAKANG (TOP DECK)

Top deck adalah Ruangan terbuka di bagian paling atas geladak kapal.Ditop deck ini dapat di jumpai Mast head top deck dan peralatan-peralatan navigasi maupun nevigasi kapal,yaitu radar dan antena.



             


BANGUNAN ATAS BAGIAN DEPAN (FORE CASTLE)

Bangunan atas yang terletak dibagian depan di sebut akil.Peletakan akil terdiri dari :Geladak akil,Geladak utama,akil,bak Rantai,ceruk  Haluan,dan Ruang Muat.
Akil juga penerusan ke atas dari pelat kulit peda bagian depan kapal.Dengan adanya bangunan atas tersebut akan mengurangi masuknya air laut pada saat kapal bergerak maju.
Ruangan pada akil digunakan untuk pergudangan,terutama untuk fasilitas peralatan pelayaran seperti tali temali .Peraltan pada geladak akil terdri dari mesin jangkar,Bolder,Ventilasi,Fair led,Ggeladak Utama,Jangkar,Pagar pada geladak utama,Pagar pada geladak akil,geladak akil dan penahan Rantai.
FORECASLE Deck merupakan penyimpanan peralatan labuh jangkar atu groun tackle seperti :Windlast,Ground stocker,dll.Pada kapal ini pula dapat kita temui adanya Must Hide beserta peralatan komunikasi lainnya seperti antena.

 

RUMAH GELADAK

Rumah geladak adalah bangunan diatas geladak kekuatan yang diletakan diluar 0,4 L bagain tengah kapal atau yang mempunyai panjang lebih kecil dari 0,2 L atau 15 m dan sisi-sisinya tidak selebar kapal.Pada umumnya rumah geladak diletakan diatas bangunan atas,baik didepan atau di tengah kapal.Susunan rumah geladak terdiri dari geladak utama ,rumah galadak,ruang kemudi dan cerobong asap.
Rumah geldak yang teratas dipakai untuk ruang kemudi,Ruang peta dan ruang komunikasi Radio.Selama pelayaran,kapal di kendalikan dari ruangan ini.Daitas geladak kimbul (POOP) diletakan rumah geladak yang sesuai dangan kebutuhan.

                  

RUANG ANJUNGAN

Ruang anjungan (Wheel House) Adalah ruang komando kapal dimana ditempatkan rodo kemudi kapal,peralatan navigasi untuk menentukan posisi kapal berada dan biasanya terdapat kamar nakhoda dan kamar radio.Anjungan biasanya ditempatkan pada posisi yang mempunyai jarak pandang yang baik kesegala arah.Di dalam Ruang Anjungan dapat kita jumpai panel-panel navigasi dan panel seering comand/captain.

            

BRIDGE DECK

Geladak yang menutup sisi atas dari bangunan anjungan.ruang di bawah navigasi deck yang biasanya terdapat ruang akomondasi untuk master kapal.Pada kebanyakan kapal,ruang master kapal pada bagian starboard (bagian kanan kapal)dan di bagian port (kiri kapal) adalah kepala kamar mesin dan ruang pertemuan.
                 

2 komentar:

  1. Terimakasih infonya sangat bermanfaat
    jangan lupa kunjungi web kami
    www.ppns.ac.id

    BalasHapus
  2. Terima kasih...
    Kata katanya mudah dimengerti

    BalasHapus