KUNSTRUKSI BAGIAN
DAPAN
Konstrusi bagian ujung depan
kapal (Haluan)adalah: Konstruksi yang meliputi bagian ujung depan kapal sampai
dengan sekat tubrukan.
Bagian depan kapal dirancang
untuk memisahkan air dengan baik.dan aliran ini diusahakan supaya streamline
sepanjang kapal,sehingga tahanan gelombang kapal dapat di kurangi sampai
sedemikian kecilnya.
BAGIAN DEPAN KONSTRUKSI KAPAL
Linggi haluan(stern)merupakan bagian terdepan
kapal.linggi ini menerus ke bawah sampai ke lunas.pada saat ini yang lajim di
kapalada dua macam yaitu.linggi batang dan linggi pelat.kadang-kadang dipakai
juga gabungan kedua linggi ini .Adapun susunan kunstruksi gabungan kedua linggi
ini adalahsebagai berikut.sebuah linggi batang dari lunas sebagai
berikut.Sebuah linggi batang dari lunas sampai kegaris airmuat dan disambung
linggi pelat sampai ke geladak .Penggunaan linggi pelat memungkinkan
pembentukan suatu garis haluan yang bagus.Hal ini akan memperindah pemampialn
linggi haluan(stern) kapl. Selain juga untuk memperluas geladak akan
mempermudahkan perbaikan linggi tersebut,apa bila suatu saat kapal menubruk
sesuatupelat sisi dapat di perlebar sampai seluas geladak.sehingga memungkinkan
bagian ujung depan kapal menahan henpasan air laut dan menahan supaya
percikannyatidak sampai kepermuaan geladak
Pada kapal-kapal yang mempunyai cukup besar di bagian
bawah garis air muatdepan di pasang haluan bola.haluan bola ini berbentuk
gelambung seperti bola dan berguna untuk mengurangi tahanan gelnbang kapal.
DI geladak bagian dapan biasanya di tempatkan mesin
janggar(Windlast)linggiKedua alat ini berguna untuk menarik atau untuk
menggangkat janggkar (anchor)dan mengeluarkan tali pada saat akan
berlabuh,sedangkan di bawah akil di pasang bak rantai untuk penempatan rantai
janggar.
MESIN
DEREK JANGGAR (WINDLASS)
Windlass merupakan unit mesin
yang berada dihaluan kapal,untuk menurunkan dan menaikan jangkar sewaktu
berlabuh di luar pelabuhan .Untuk memenuhi persyaratan derek janggkar setiap
pabrik mempunyaibentuk sendiri-sendiridalam pelaksanaanya
Bagian-bagian utama dari mesin derek janggkar(windlass)
terdiri dari:
1.Mesin/motor yang dipegerakan oleh diesel/electric
2.Spil/wildcat merupakan gulungan/theromol yang dapat
menyangkutkan rantai janggar pada saat melewatinya.
3.Kopling atau peralatan tangdapat melepaskan atau
menghubungkan spil pada mesin.
4.Band rem untuk mengendalikan spil apa bila tidak di
hubungkan dengan mesin.
5.Roda-roda gigi ,dihubungkan dengan poros.
6.Tromol/gypsis,untuk melayani tros kapal dipasang pada ujung-ujung
dan poros utama.
JANGKAR
(ANCHOR)
Janggkar(Anchor)
adalah peralatan tambat kapal yang berfungsi untuk membatasi gerak kapal pada
waktu labuh di pelabuhan, agar kapal tetap pada kedudukannya,meskipun mendapat
tekanan oleh arus laut,angin,gelombang dan sebagainya.
Kapal-kapal
niaga pelayaran besar pada umumnya di lengkapi dengan jangkar-jangkar seperti
berikut:
a) 3(tiga)buah
jangkar haluan (satu tidak di pergunakan,hanya sebagai cadangan)
b) Sebuah
jangkar arus
c) Sebuah
jangkar cermat
Jangkar Haluan : Adalah
jangkar utama yang di gunakan untuk menahan kapak di dasar laut dan selalu siap
terpasang pada lambung kiri dan kanan haluan kapal,jangkar haluan cadangan
merupakan jangkar yang selalu siap sebagai pengganti apabilasalah satu hilang,jangkar
haluan cadangan ini ditempatkan di bagian muka dekat haluan,agar selalu siap
bila mana diperlukan.
Jangkar Arus : jangkar ini
ukurannya lebih kecil kira-kira 1/3 berat jangkar haluan
Tempatnya dibagian buritan
kapal di gunakan seperti halnya jangkar haluan yaitu menahan buritan kapal,supaya
tidak berputar terbawa arus.
Pada kapal-kapal pemumpang
yang berukuran besar ,kadang-kadang jangkar ini ditempatkan di geladak
ortop(geladak pendek yang terletak di bawah geladak menerus)apa bila demikian
halnya maka jangkar tersebut dinamakan jngkar buritan dan beratnya sama dengan
jangkar haluan.
Oleh karena itu bila ada
jangkar buritan,makatidak perlu ada jangkar cadangan.
Jangkar Cermat : jangkar ini ukurannya lebih kecil,beratnya
1/6 kali jangkar haluan.Gunanya untuk memindahkan jangkar haluan apabila kapal
kandas (diangkt dengan sekoci).
BAK PENYIMPANAN RANTAI
JANGKAR (CHAIN LOCKER) & MUD BOX
Umumnya
pada kapal-kapal pengangkut letak chain locker ini adalah di depan collison
bulkhead dan di atasporepeak tank.
Sebelum chain lockerdi letakan
di depan ruang muat.hal ini tidakpraktis karena mengurangi volume ruang muat.
Pada kapal-kapal penumpang apa bila deep tang terletek
dibelakang, maka chain locker biasanya di letakkan di atasnya.
Ditinjau dari bentuknya chain locker terbagi atas 2(dua)
bagian:
1.Berbentuk segi empat
2.Berbuntuk silindar
Pada garis besarnya konstruksi
bak penyimpan rantai jangkar terdiri dari dua bagian.Yaitu bagian atas untuk
menyimpan rantai jangkar,dan bagian bawahuntuk menampung lumpur atau kotoran
yng terbawa dalam rantai jangkar,sering di sebut sebagai Mud box
RANTAI
JANGKAR (ANCHOR CHAIN)
Rantai terdiri dari
potongan-potongan antara satu segel (shackle) dengan segel lainnya yang
berupaptongan panjang masing-masing 15 fathoms (depa).Oleh Lioyd’s Register
ditentukan dahwa satu segel panjangnya 15 fathoms =27,45 atau 25 m.
Mata rantai merupakan bagian darirantai jangkar yang
berbentuk lonjong.mata-mata rantai itu ditngah-tangah diberi’’dam’’ kecualimata
rantai yang beradapada ujung –ujung dari setiap panjang 15fethoms sebelah kiri
dan kanan darisegel(shacle).
Dam-dam tersebut gunanya untuk menjaga agar rantai tidak
berputar.Mata rantai yang tidak memakai dam ukurannya lebih besarbandingkan
mata rantai biasa.
TABUNG
JANGKAR (HAWSE PIPE)
Tabung jangkar Adalah pipa
rantai jangkar yang menghubungkan rumah jangkar ke geladak.Diameter dalam hawse
pipe tergantung dari diameter rantai jangkar sendiri, sehingga rantai jangkar
dapat keluar masuk tampa suatu halangan,Diameter hawse pipedi bagian bawahnya
di buat lebih besar (antara 3-4 cm) di banding dengan atasnya.Umumnya dapat
dipakai sebagai pedoman bahwa untuk diameter rantai jangkar d-25 m/m – 100
m/m;besarnya qQ dalam howse pipe di berikan pada grafik sebagai berikut dangan
bermacam-macam material.
CHAIN STOPPER
Stopper Chain anchor Pada umumnya di pasang antara mesin
jangkar dangan hawse pipe yang berguna menahan tarikan rantai dan jangkar saat
kapal sedang berlabuh.
FORE PEAK
Foere peak adalah ruangan yang telatak antara sekat
tubrukan dangan linggi haluan (stern) yang biasanya di gunakan untuk tangki
ballast.Selain itu dapat kita lihat pula Bulbous Bow.
LINGGI
HALUAN
Linggi haluan merupakan tempat untuk menempelkanpelat
kulit dan juga penguat utama di bagian ujung kapal .separti telah di terangkan
di atas linggi batang di pasang dari lunas sampai garis air muat dan ke atas di
lanjutkan dengan konstruksi linggi pelat.linggi batang dipasang dari lunas
sampai garis air muat dan ketas di lanjutkan degan konstruksi linggi pelat.
SEKAT
TUBRUKAN
Pemasngan sekat tubrukan pada sutu kapal sangat di butuhkan
karena sekat ini untuk nenghidari mengalirnya air keruangan yang ada di
belakangnya apa bila terjadi kebocoran
di ceruk haluan akibat tubrukan sesuatu dan dangan rusaknya ceruk haluan kapal
akibat menubruk sesuatudan dengan rusaknya ceruk haluan kapal masih selamat,
tidak tenggelam
Pemasangan sekat tubrukan menurut BKI 2004,dapat di
perhatikan pada teks sebagai berikut.
Sekat tubrukan harus kedap air sampai geladak lambung
timbul.
CERUK
HALUAN
Konstruksi pada ceruk haluan harus cukup kuat.Pada daerah
ceruk inilah yang pertama-tama mendapat hempasan gelombang.Hal ini di sebapkan
letak ceruk ini di bagian depan kapal.Karena tidak ada momen lengkung yang
bekerja pada arah memanjang di daerah ini,pelat atas,pelat sisi dan pelat
geladak tidak perlu tebal di bandingkan bagian tangah kapal.
KONSTRSI
BAGIAN TANGAH KAPAL
Konstruksi bagian tangah kapal terdiri dari Konstruksi
Alas (dasar),lunas Kapal,Pelat atas,Konstruksi Dasar Tunggal,Konstruksi Dasar
Ganda Konstruksi Lambung,Konstruksi geladak,Konstruksi Lubang Palkah Dan
Penutupnya,serta konstruksi Sekat ( bulkhead).
KONSTRUKSI DASAR BERGANDA
Daerad
yang di sebut dasar berganda meliputi pelat atas,pelat atas dalam,pelat
bilga,dan pelat tepi sebgai kekedapannya.Pelat tepi yang di buat atau
penerusan pelat alas dalam sampai bilga
harus dipsang sumur-sumur atau pengumpul air untuk menggantikan pemasangan
permukaan pelat tepi yang dibuat miring.seperti di ketahui,pelat tepi yang
miring di gunakan untuk mengumpulkan air kotor.sesui dengan ketentuan BKI
2004,tebal pelat tepi 20% lebih tebal dari pelat alas dalam.Ketentuan lainnya dapat di
perhatikan dalam teks berikut.Susunan konstruksi dasar ganda di buat dari wrang
kedap,wrang alas penuh,dan wrang terbuka.Dri penumpu tengah,wrang di buat
menerus sampaike pelat tepi.Wrang di buat sebagai penyangga pelat alas
dalam.Aturan baru yang dikhususksn untuk kapal tanker adalah kewajiban
menggunakan kulit ganda (double hull) utuk mengurangi peluang pencemaran
lingkungan kerena kebocoran yang munggin terjadi.Kebocoran kapal tanker dapat
mengakibatkanterganggunya lingkungan.Khususnya terhadap biota laut dan hewan
yang hidup di lingkungan laut dan garis pantai.
KONSTRUKSI
LAMBUNG
Sistem konstruksi lambung sebagai kerangka lambung kapal
pada pokoknya terdiri atas dua siatem yaitu sistem kerangka gading melintang
dan siatem kerangka gading memanjang
KONSTRUKSI
GELADAK
Secara umum konstruksi geladak adalah suatau bentuk permukaan
dasar tau hampir mendatar yang menutupi sisi atas atau ruangan-ruangan di
kapal.Dilihat dari segi konstruksi,geladak adalah kumpulan komponen-komponen
konstruksi mendatar yang terdiri atas balk geladak,membujur geladak,pemumpu
geladak dan pelat geladak yang di batasi oleh lambung disekelilingnya.
Fungsi geladak adalah untuk :
Menjaga kekedapan kapal.
Menempatkan dan melindungi barang atau kargo.
Tempat anak buah kapal dan penumpang.
Menambah kekuatan memanjang dan melintang.
KONSTRUKSI
SEKAT (BULKHEAD)
Pemasangan sekat melintang dapat dijumpai pada semua tipe
kapal dan menjadi persyaratan biro klasifikasi,sedangkan untuk memanjang
umumnya hanya di jumpai pada kapal-kapal tertentu saja.Misalnya kapal
pengangkut muatan cair,dan kapal penangkut muatan curah.
Sekat-sekat pada bangunan kapal ditinjau dari fungsinya
dapat di golangkan menjadi beberapa golongan,yaitu sekat kedap air (tidak
tembus air),sekat kedap minyak (tidak tembus minyak) sekat biasanya yang hanya
di gunakan untuk membagi ruang bagi keperluan akomondasi,dan sekat berlubang
untuk mengatasi permukaan bebas zat cair.Dari ke empat jenis tersebut,sekat
sekat air merupakan jenis sekat yang paling penting,kalau ada kapal yang
bermuatan minyak,sekat kedap minyak yang memegang peranan utama,sekat kedap air
merupakan tiga fungsi utama,yaitu membagi badan kapal menjadi ruangan – ruangan
yang kedap air,menambh kekuatan melintang kapal.dan mencegah menjalarnya api
saat terjadinya kebakaran.
ENAM
RUANG CARGO
Cargo room ( ruang cargo) adalah ruangan yang berfungsi
untuk menyimpan muatan yang akan dibawa kapal.Yang di lengkapi dengan hatch
kover atau tutup palka yang merupakan alat yang di gunalan untuk penutup ruang
cargo/palka pada kapal.
Pada jenis kapal general cargo ini terdapat tiga ruang
cargo,yang masaing-msing diperuntukan untuk memuat muatan curah yangsudah di
kemas (packaging)
Diasanya diatas main deckyang tepatnya di ujung kubang
palka terpasang alat untuk bomhkar muat kapal,disini kapal crgo yang memuat
muatan umum seperti di jelaskan diawal alat bongkar muat menggunakan crane.
KONSTRUKSI
BAGIAN BELAKANG
Konstruksi bagian belakang kapal terdiri dari linggi
buritan,sekat ceruk buritan (after peak)
RUANG
ANJUNGAN (WHEEL HOUSE)
Ruang anjungan (wheel house) adalah ruang komando kapal
dimana ditempatkan roda kemudi kapal,peralatan navigasi untuk menentukan posisi
kapal berada dan biasanya terdapat kamar nakhoda dan kamar radio.Anjungan
biasanya ditempatkan pada posisi yang mempunyai jarak pandang yang dbik ke
segala arah.
Didalam ruang anjungan dapat kita jumpai panel-panel
Navigasi dan panel Seering Comand/Captain.
KONNSTRUKSI
BAGIAN ATAS & RUMAH GELADAK
Pada geladak yang menerus dan
teratas,terdapat bangunan-bangunan yang di peruntukan sebagai ruangan
navigasi,ruang akomondasi,gudang-gudang untuk penampatan peralatan dan ruang
ain untuk melayani kapal-kapal selama berlayar atau berlabuh.
Bila ditinjau dari segi konstruksi,bangunan – bangunan
ini dapat dibedakan menjadi bangunan atas yang efektif dan bangunan atas yang
tidak efektif.
Bangunan atas yang efektif adalah semua bangunan atas
yang terletak di atas geladak menerus teratas,membentang sampai dearah 0,4 L
bagian tangah kapal,dan panjangnya melabihi 0,15 L Dalam Kaitan ini ,pelat
kulit lambung harus di teruskan sampai ke geladak bangunan atas, sengingga
pelat sisi bangunan atas ini dapat diperlakukan sebagai pelat kulit dengan
geladak sebagai geladak kekuatan.
BANGUNAN
ATAS BAGIAN BELAKANG (TOP DECK)
Top deck adalah Ruangan
terbuka di bagian paling atas geladak kapal.Ditop deck ini dapat di jumpai Mast
head top deck dan peralatan-peralatan navigasi maupun nevigasi kapal,yaitu
radar dan antena.
BANGUNAN ATAS
BAGIAN DEPAN (FORE CASTLE)
Bangunan atas yang terletak
dibagian depan di sebut akil.Peletakan akil terdiri dari :Geladak akil,Geladak
utama,akil,bak Rantai,ceruk Haluan,dan
Ruang Muat.
Akil juga penerusan ke atas dari pelat kulit peda bagian
depan kapal.Dengan adanya bangunan atas tersebut akan mengurangi masuknya air
laut pada saat kapal bergerak maju.
Ruangan pada akil digunakan untuk pergudangan,terutama
untuk fasilitas peralatan pelayaran seperti tali temali .Peraltan pada geladak
akil terdri dari mesin jangkar,Bolder,Ventilasi,Fair led,Ggeladak
Utama,Jangkar,Pagar pada geladak utama,Pagar pada geladak akil,geladak akil dan
penahan Rantai.
FORECASLE Deck merupakan penyimpanan peralatan labuh
jangkar atu groun tackle seperti :Windlast,Ground stocker,dll.Pada kapal ini
pula dapat kita temui adanya Must Hide beserta peralatan komunikasi lainnya
seperti antena.
RUMAH
GELADAK
Rumah geladak adalah bangunan
diatas geladak kekuatan yang diletakan diluar 0,4 L bagain tengah kapal atau
yang mempunyai panjang lebih kecil dari 0,2 L atau 15 m dan sisi-sisinya tidak
selebar kapal.Pada umumnya rumah geladak diletakan diatas bangunan atas,baik
didepan atau di tengah kapal.Susunan rumah geladak terdiri dari geladak utama
,rumah galadak,ruang kemudi dan cerobong asap.
Rumah geldak yang teratas dipakai untuk ruang
kemudi,Ruang peta dan ruang komunikasi Radio.Selama pelayaran,kapal di
kendalikan dari ruangan ini.Daitas geladak kimbul (POOP) diletakan rumah
geladak yang sesuai dangan kebutuhan.
RUANG
ANJUNGAN
Ruang anjungan (Wheel House) Adalah ruang komando kapal
dimana ditempatkan rodo kemudi kapal,peralatan navigasi untuk menentukan posisi
kapal berada dan biasanya terdapat kamar nakhoda dan kamar radio.Anjungan
biasanya ditempatkan pada posisi yang mempunyai jarak pandang yang baik
kesegala arah.Di dalam Ruang Anjungan dapat kita jumpai panel-panel navigasi
dan panel seering comand/captain.
BRIDGE
DECK
Geladak yang menutup sisi atas dari bangunan anjungan.ruang
di bawah navigasi deck yang biasanya terdapat ruang akomondasi untuk master
kapal.Pada kebanyakan kapal,ruang master kapal pada bagian starboard (bagian
kanan kapal)dan di bagian port (kiri kapal) adalah kepala kamar mesin dan ruang
pertemuan.
KUNSTRUKSI BAGIAN
DAPAN
Konstrusi bagian ujung depan
kapal (Haluan)adalah: Konstruksi yang meliputi bagian ujung depan kapal sampai
dengan sekat tubrukan.
Bagian depan kapal dirancang
untuk memisahkan air dengan baik.dan aliran ini diusahakan supaya streamline
sepanjang kapal,sehingga tahanan gelombang kapal dapat di kurangi sampai
sedemikian kecilnya.
BAGIAN DEPAN KONSTRUKSI KAPAL
Linggi haluan(stern)merupakan bagian terdepan
kapal.linggi ini menerus ke bawah sampai ke lunas.pada saat ini yang lajim di
kapalada dua macam yaitu.linggi batang dan linggi pelat.kadang-kadang dipakai
juga gabungan kedua linggi ini .Adapun susunan kunstruksi gabungan kedua linggi
ini adalahsebagai berikut.sebuah linggi batang dari lunas sebagai
berikut.Sebuah linggi batang dari lunas sampai kegaris airmuat dan disambung
linggi pelat sampai ke geladak .Penggunaan linggi pelat memungkinkan
pembentukan suatu garis haluan yang bagus.Hal ini akan memperindah pemampialn
linggi haluan(stern) kapl. Selain juga untuk memperluas geladak akan
mempermudahkan perbaikan linggi tersebut,apa bila suatu saat kapal menubruk
sesuatupelat sisi dapat di perlebar sampai seluas geladak.sehingga memungkinkan
bagian ujung depan kapal menahan henpasan air laut dan menahan supaya
percikannyatidak sampai kepermuaan geladak
Pada kapal-kapal yang mempunyai cukup besar di bagian
bawah garis air muatdepan di pasang haluan bola.haluan bola ini berbentuk
gelambung seperti bola dan berguna untuk mengurangi tahanan gelnbang kapal.
DI geladak bagian dapan biasanya di tempatkan mesin
janggar(Windlast)linggiKedua alat ini berguna untuk menarik atau untuk
menggangkat janggkar (anchor)dan mengeluarkan tali pada saat akan
berlabuh,sedangkan di bawah akil di pasang bak rantai untuk penempatan rantai
janggar.
MESIN
DEREK JANGGAR (WINDLASS)
Windlass merupakan unit mesin
yang berada dihaluan kapal,untuk menurunkan dan menaikan jangkar sewaktu
berlabuh di luar pelabuhan .Untuk memenuhi persyaratan derek janggkar setiap
pabrik mempunyaibentuk sendiri-sendiridalam pelaksanaanya
Bagian-bagian utama dari mesin derek janggkar(windlass)
terdiri dari:
1.Mesin/motor yang dipegerakan oleh diesel/electric
2.Spil/wildcat merupakan gulungan/theromol yang dapat
menyangkutkan rantai janggar pada saat melewatinya.
3.Kopling atau peralatan tangdapat melepaskan atau
menghubungkan spil pada mesin.
4.Band rem untuk mengendalikan spil apa bila tidak di
hubungkan dengan mesin.
5.Roda-roda gigi ,dihubungkan dengan poros.
6.Tromol/gypsis,untuk melayani tros kapal dipasang pada ujung-ujung
dan poros utama.
JANGKAR
(ANCHOR)
Janggkar(Anchor)
adalah peralatan tambat kapal yang berfungsi untuk membatasi gerak kapal pada
waktu labuh di pelabuhan, agar kapal tetap pada kedudukannya,meskipun mendapat
tekanan oleh arus laut,angin,gelombang dan sebagainya.
Kapal-kapal
niaga pelayaran besar pada umumnya di lengkapi dengan jangkar-jangkar seperti
berikut:
a) 3(tiga)buah
jangkar haluan (satu tidak di pergunakan,hanya sebagai cadangan)
b) Sebuah
jangkar arus
c) Sebuah
jangkar cermat
Jangkar Haluan : Adalah
jangkar utama yang di gunakan untuk menahan kapak di dasar laut dan selalu siap
terpasang pada lambung kiri dan kanan haluan kapal,jangkar haluan cadangan
merupakan jangkar yang selalu siap sebagai pengganti apabilasalah satu hilang,jangkar
haluan cadangan ini ditempatkan di bagian muka dekat haluan,agar selalu siap
bila mana diperlukan.
Jangkar Arus : jangkar ini
ukurannya lebih kecil kira-kira 1/3 berat jangkar haluan
Tempatnya dibagian buritan
kapal di gunakan seperti halnya jangkar haluan yaitu menahan buritan kapal,supaya
tidak berputar terbawa arus.
Pada kapal-kapal pemumpang
yang berukuran besar ,kadang-kadang jangkar ini ditempatkan di geladak
ortop(geladak pendek yang terletak di bawah geladak menerus)apa bila demikian
halnya maka jangkar tersebut dinamakan jngkar buritan dan beratnya sama dengan
jangkar haluan.
Oleh karena itu bila ada
jangkar buritan,makatidak perlu ada jangkar cadangan.
Jangkar Cermat : jangkar ini ukurannya lebih kecil,beratnya
1/6 kali jangkar haluan.Gunanya untuk memindahkan jangkar haluan apabila kapal
kandas (diangkt dengan sekoci).
BAK PENYIMPANAN RANTAI
JANGKAR (CHAIN LOCKER) & MUD BOX
Umumnya
pada kapal-kapal pengangkut letak chain locker ini adalah di depan collison
bulkhead dan di atasporepeak tank.
Sebelum chain lockerdi letakan
di depan ruang muat.hal ini tidakpraktis karena mengurangi volume ruang muat.
Pada kapal-kapal penumpang apa bila deep tang terletek
dibelakang, maka chain locker biasanya di letakkan di atasnya.
Ditinjau dari bentuknya chain locker terbagi atas 2(dua)
bagian:
1.Berbentuk segi empat
2.Berbuntuk silindar
Pada garis besarnya konstruksi
bak penyimpan rantai jangkar terdiri dari dua bagian.Yaitu bagian atas untuk
menyimpan rantai jangkar,dan bagian bawahuntuk menampung lumpur atau kotoran
yng terbawa dalam rantai jangkar,sering di sebut sebagai Mud box
RANTAI
JANGKAR (ANCHOR CHAIN)
Rantai terdiri dari
potongan-potongan antara satu segel (shackle) dengan segel lainnya yang
berupaptongan panjang masing-masing 15 fathoms (depa).Oleh Lioyd’s Register
ditentukan dahwa satu segel panjangnya 15 fathoms =27,45 atau 25 m.
Mata rantai merupakan bagian darirantai jangkar yang
berbentuk lonjong.mata-mata rantai itu ditngah-tangah diberi’’dam’’ kecualimata
rantai yang beradapada ujung –ujung dari setiap panjang 15fethoms sebelah kiri
dan kanan darisegel(shacle).
Dam-dam tersebut gunanya untuk menjaga agar rantai tidak
berputar.Mata rantai yang tidak memakai dam ukurannya lebih besarbandingkan
mata rantai biasa.
TABUNG
JANGKAR (HAWSE PIPE)
Tabung jangkar Adalah pipa
rantai jangkar yang menghubungkan rumah jangkar ke geladak.Diameter dalam hawse
pipe tergantung dari diameter rantai jangkar sendiri, sehingga rantai jangkar
dapat keluar masuk tampa suatu halangan,Diameter hawse pipedi bagian bawahnya
di buat lebih besar (antara 3-4 cm) di banding dengan atasnya.Umumnya dapat
dipakai sebagai pedoman bahwa untuk diameter rantai jangkar d-25 m/m – 100
m/m;besarnya qQ dalam howse pipe di berikan pada grafik sebagai berikut dangan
bermacam-macam material.
CHAIN STOPPER
Stopper Chain anchor Pada umumnya di pasang antara mesin
jangkar dangan hawse pipe yang berguna menahan tarikan rantai dan jangkar saat
kapal sedang berlabuh.
FORE PEAK
Foere peak adalah ruangan yang telatak antara sekat
tubrukan dangan linggi haluan (stern) yang biasanya di gunakan untuk tangki
ballast.Selain itu dapat kita lihat pula Bulbous Bow.
LINGGI
HALUAN
Linggi haluan merupakan tempat untuk menempelkanpelat
kulit dan juga penguat utama di bagian ujung kapal .separti telah di terangkan
di atas linggi batang di pasang dari lunas sampai garis air muat dan ke atas di
lanjutkan dengan konstruksi linggi pelat.linggi batang dipasang dari lunas
sampai garis air muat dan ketas di lanjutkan degan konstruksi linggi pelat.
SEKAT
TUBRUKAN
Pemasngan sekat tubrukan pada sutu kapal sangat di butuhkan
karena sekat ini untuk nenghidari mengalirnya air keruangan yang ada di
belakangnya apa bila terjadi kebocoran
di ceruk haluan akibat tubrukan sesuatu dan dangan rusaknya ceruk haluan kapal
akibat menubruk sesuatudan dengan rusaknya ceruk haluan kapal masih selamat,
tidak tenggelam
Pemasangan sekat tubrukan menurut BKI 2004,dapat di
perhatikan pada teks sebagai berikut.
Sekat tubrukan harus kedap air sampai geladak lambung
timbul.
CERUK
HALUAN
Konstruksi pada ceruk haluan harus cukup kuat.Pada daerah
ceruk inilah yang pertama-tama mendapat hempasan gelombang.Hal ini di sebapkan
letak ceruk ini di bagian depan kapal.Karena tidak ada momen lengkung yang
bekerja pada arah memanjang di daerah ini,pelat atas,pelat sisi dan pelat
geladak tidak perlu tebal di bandingkan bagian tangah kapal.
KONSTRSI
BAGIAN TANGAH KAPAL
Konstruksi bagian tangah kapal terdiri dari Konstruksi
Alas (dasar),lunas Kapal,Pelat atas,Konstruksi Dasar Tunggal,Konstruksi Dasar
Ganda Konstruksi Lambung,Konstruksi geladak,Konstruksi Lubang Palkah Dan
Penutupnya,serta konstruksi Sekat ( bulkhead).
KONSTRUKSI DASAR BERGANDA
Daerad
yang di sebut dasar berganda meliputi pelat atas,pelat atas dalam,pelat
bilga,dan pelat tepi sebgai kekedapannya.Pelat tepi yang di buat atau
penerusan pelat alas dalam sampai bilga
harus dipsang sumur-sumur atau pengumpul air untuk menggantikan pemasangan
permukaan pelat tepi yang dibuat miring.seperti di ketahui,pelat tepi yang
miring di gunakan untuk mengumpulkan air kotor.sesui dengan ketentuan BKI
2004,tebal pelat tepi 20% lebih tebal dari pelat alas dalam.Ketentuan lainnya dapat di
perhatikan dalam teks berikut.Susunan konstruksi dasar ganda di buat dari wrang
kedap,wrang alas penuh,dan wrang terbuka.Dri penumpu tengah,wrang di buat
menerus sampaike pelat tepi.Wrang di buat sebagai penyangga pelat alas
dalam.Aturan baru yang dikhususksn untuk kapal tanker adalah kewajiban
menggunakan kulit ganda (double hull) utuk mengurangi peluang pencemaran
lingkungan kerena kebocoran yang munggin terjadi.Kebocoran kapal tanker dapat
mengakibatkanterganggunya lingkungan.Khususnya terhadap biota laut dan hewan
yang hidup di lingkungan laut dan garis pantai.
KONSTRUKSI
LAMBUNG
Sistem konstruksi lambung sebagai kerangka lambung kapal
pada pokoknya terdiri atas dua siatem yaitu sistem kerangka gading melintang
dan siatem kerangka gading memanjang
KONSTRUKSI
GELADAK
Secara umum konstruksi geladak adalah suatau bentuk permukaan
dasar tau hampir mendatar yang menutupi sisi atas atau ruangan-ruangan di
kapal.Dilihat dari segi konstruksi,geladak adalah kumpulan komponen-komponen
konstruksi mendatar yang terdiri atas balk geladak,membujur geladak,pemumpu
geladak dan pelat geladak yang di batasi oleh lambung disekelilingnya.
Fungsi geladak adalah untuk :
Menjaga kekedapan kapal.
Menempatkan dan melindungi barang atau kargo.
Tempat anak buah kapal dan penumpang.
Menambah kekuatan memanjang dan melintang.
KONSTRUKSI
SEKAT (BULKHEAD)
Pemasangan sekat melintang dapat dijumpai pada semua tipe
kapal dan menjadi persyaratan biro klasifikasi,sedangkan untuk memanjang
umumnya hanya di jumpai pada kapal-kapal tertentu saja.Misalnya kapal
pengangkut muatan cair,dan kapal penangkut muatan curah.
Sekat-sekat pada bangunan kapal ditinjau dari fungsinya
dapat di golangkan menjadi beberapa golongan,yaitu sekat kedap air (tidak
tembus air),sekat kedap minyak (tidak tembus minyak) sekat biasanya yang hanya
di gunakan untuk membagi ruang bagi keperluan akomondasi,dan sekat berlubang
untuk mengatasi permukaan bebas zat cair.Dari ke empat jenis tersebut,sekat
sekat air merupakan jenis sekat yang paling penting,kalau ada kapal yang
bermuatan minyak,sekat kedap minyak yang memegang peranan utama,sekat kedap air
merupakan tiga fungsi utama,yaitu membagi badan kapal menjadi ruangan – ruangan
yang kedap air,menambh kekuatan melintang kapal.dan mencegah menjalarnya api
saat terjadinya kebakaran.
ENAM
RUANG CARGO
Cargo room ( ruang cargo) adalah ruangan yang berfungsi
untuk menyimpan muatan yang akan dibawa kapal.Yang di lengkapi dengan hatch
kover atau tutup palka yang merupakan alat yang di gunalan untuk penutup ruang
cargo/palka pada kapal.
Pada jenis kapal general cargo ini terdapat tiga ruang
cargo,yang masaing-msing diperuntukan untuk memuat muatan curah yangsudah di
kemas (packaging)
Diasanya diatas main deckyang tepatnya di ujung kubang
palka terpasang alat untuk bomhkar muat kapal,disini kapal crgo yang memuat
muatan umum seperti di jelaskan diawal alat bongkar muat menggunakan crane.
KONSTRUKSI
BAGIAN BELAKANG
Konstruksi bagian belakang kapal terdiri dari linggi
buritan,sekat ceruk buritan (after peak)
RUANG
ANJUNGAN (WHEEL HOUSE)
Ruang anjungan (wheel house) adalah ruang komando kapal
dimana ditempatkan roda kemudi kapal,peralatan navigasi untuk menentukan posisi
kapal berada dan biasanya terdapat kamar nakhoda dan kamar radio.Anjungan
biasanya ditempatkan pada posisi yang mempunyai jarak pandang yang dbik ke
segala arah.
Didalam ruang anjungan dapat kita jumpai panel-panel
Navigasi dan panel Seering Comand/Captain.
KONNSTRUKSI
BAGIAN ATAS & RUMAH GELADAK
Pada geladak yang menerus dan
teratas,terdapat bangunan-bangunan yang di peruntukan sebagai ruangan
navigasi,ruang akomondasi,gudang-gudang untuk penampatan peralatan dan ruang
ain untuk melayani kapal-kapal selama berlayar atau berlabuh.
Bila ditinjau dari segi konstruksi,bangunan – bangunan
ini dapat dibedakan menjadi bangunan atas yang efektif dan bangunan atas yang
tidak efektif.
Bangunan atas yang efektif adalah semua bangunan atas
yang terletak di atas geladak menerus teratas,membentang sampai dearah 0,4 L
bagian tangah kapal,dan panjangnya melabihi 0,15 L Dalam Kaitan ini ,pelat
kulit lambung harus di teruskan sampai ke geladak bangunan atas, sengingga
pelat sisi bangunan atas ini dapat diperlakukan sebagai pelat kulit dengan
geladak sebagai geladak kekuatan.
BANGUNAN
ATAS BAGIAN BELAKANG (TOP DECK)
Top deck adalah Ruangan
terbuka di bagian paling atas geladak kapal.Ditop deck ini dapat di jumpai Mast
head top deck dan peralatan-peralatan navigasi maupun nevigasi kapal,yaitu
radar dan antena.
BANGUNAN ATAS
BAGIAN DEPAN (FORE CASTLE)
Bangunan atas yang terletak
dibagian depan di sebut akil.Peletakan akil terdiri dari :Geladak akil,Geladak
utama,akil,bak Rantai,ceruk Haluan,dan
Ruang Muat.
Akil juga penerusan ke atas dari pelat kulit peda bagian
depan kapal.Dengan adanya bangunan atas tersebut akan mengurangi masuknya air
laut pada saat kapal bergerak maju.
Ruangan pada akil digunakan untuk pergudangan,terutama
untuk fasilitas peralatan pelayaran seperti tali temali .Peraltan pada geladak
akil terdri dari mesin jangkar,Bolder,Ventilasi,Fair led,Ggeladak
Utama,Jangkar,Pagar pada geladak utama,Pagar pada geladak akil,geladak akil dan
penahan Rantai.
FORECASLE Deck merupakan penyimpanan peralatan labuh
jangkar atu groun tackle seperti :Windlast,Ground stocker,dll.Pada kapal ini
pula dapat kita temui adanya Must Hide beserta peralatan komunikasi lainnya
seperti antena.
RUMAH
GELADAK
Rumah geladak adalah bangunan
diatas geladak kekuatan yang diletakan diluar 0,4 L bagain tengah kapal atau
yang mempunyai panjang lebih kecil dari 0,2 L atau 15 m dan sisi-sisinya tidak
selebar kapal.Pada umumnya rumah geladak diletakan diatas bangunan atas,baik
didepan atau di tengah kapal.Susunan rumah geladak terdiri dari geladak utama
,rumah galadak,ruang kemudi dan cerobong asap.
Rumah geldak yang teratas dipakai untuk ruang
kemudi,Ruang peta dan ruang komunikasi Radio.Selama pelayaran,kapal di
kendalikan dari ruangan ini.Daitas geladak kimbul (POOP) diletakan rumah
geladak yang sesuai dangan kebutuhan.
RUANG
ANJUNGAN
Ruang anjungan (Wheel House) Adalah ruang komando kapal
dimana ditempatkan rodo kemudi kapal,peralatan navigasi untuk menentukan posisi
kapal berada dan biasanya terdapat kamar nakhoda dan kamar radio.Anjungan
biasanya ditempatkan pada posisi yang mempunyai jarak pandang yang baik
kesegala arah.Di dalam Ruang Anjungan dapat kita jumpai panel-panel navigasi
dan panel seering comand/captain.
BRIDGE
DECK
Geladak yang menutup sisi atas dari bangunan anjungan.ruang
di bawah navigasi deck yang biasanya terdapat ruang akomondasi untuk master
kapal.Pada kebanyakan kapal,ruang master kapal pada bagian starboard (bagian
kanan kapal)dan di bagian port (kiri kapal) adalah kepala kamar mesin dan ruang
pertemuan.
Terimakasih infonya sangat bermanfaat
BalasHapusjangan lupa kunjungi web kami
www.ppns.ac.id
Terima kasih...
BalasHapusKata katanya mudah dimengerti